Beranda > Veteriner > Tips Memahami Penyakit Alergi pada Golden Retriever

Tips Memahami Penyakit Alergi pada Golden Retriever

Ada benarnya ketika sebagian orang mengatakan bahwa untuk memelihara anjing. kita diwajibkan untuk bertanggung jawab atas keadaan yang ditimbulkan anjing tersebut. Termasuk dalam hal perawaatan, sehingga anjing anda tampak sehat.

Golden Retriever rentan terhadap banyak alergi kulit yang bisa mengarah ke masalah kesehatan serius jika tidak ditangani. Ada banyak alasan mengapa mereka terkena penyakit seperti infeksi, parasit, dan alergi lainnya.

Ada empat jenis penyebab alergi pada Golden Retriever yang harus diperhatikan:

  • Alergi Kutu
  • Alergi Makanan
  • Atopi (Reaksi alergi yang cepat muncul pada orang/hewan yang peka, hanya beberapa menit setelah kontak dengan sumber alergi)
  • Kontak Alergi

Alergi Kutu

Biasanya alergi ini disebabkan oleh air liur kutu. Jika hal ini terjadi maka pertama-tama anda akan melihat tonjolan kecil pada kulit berwarna kemerahan (meradang) yang secara perlahan akan berubah menjadi kerak. Jenis alergi ini umumnya terkena pada area punggung bawah, paha atas, perut dan kaki belakang. Gejala pada alergi ini yang paling umum adalah ketika menjumpai anjing anda menggaruk badannya secara berlebihan.

Alergi Makanan

Terkadang Golden Retriever memiliki alergi terhadap makanan. Makanan seperti gandum, susu sapi, dan kedelai mungkin bisa menjadi alasan untuk alergi jenis ini. Satu-satunya cara untuk memastikan bahwa anjing anda bebas dari alergi makanan adalah dengan mengubah pola makanannya/diet. Bila anda mengubah diet, pastikan untuk memberikan jumlah yang cukup akan vitamin dan gizi. diet ini perlu dilanjutkan sampai delapan minggu tanpa gangguan apapun dan amati hasilnya.

Atopi

Atopi terjadi ketika anjing bereaksi terhadap zat tertentu atau menghirup sesuatu yang mungkin menyebabkan reaksi ini. Jenis alergi ini menyebabkan anjing untuk menggesekkan tubuhnya secara berlebihan, daerah tubuh yang sering terkena atopi adalah daerah seperti kaki, wajah, lengan bawah, dan pangkal paha. Jika tidak diobati mungkin menyebabkan penebalan daerah yang terinfeksi sampai infeksi berat. Beberapa zat umum yang menjadikan golden retriever alergi adalah serbuk sari, spora jamur, gulma, bulu kucing, dan beberapa jenis rumput.

Kontak Alergi

Ini adalah yang paling umum dari semua alergi, karena anjing selalu memiliki lapisan pelindung di atas tubuh mereka. tetapi ketika anjing menderita dari beberapa jenis alergi yang lain, ini mungkin menambah dam pak wilayah yang terkena alergi. Zat seperti polishes, wax dan bahan kimia pencuci karpet adalah beberapa contoh penyebab kontak alergi.

Seperti halnya manusia, anjing memiliki reaksi tersendiri terhadap alergi dan membutuhkan banyak perawatan dan perhatian dari pemiliknya. Pemilik perlu waspada, semakin cepat masalah alergi ditangani, maka hasilnya akan lebih baik. Alergi pada Golden retriever adalah masalah serius, jika dibiarkan dan tidak diobati dapat mengancam nyawa Golden Retriever

Sumber : Golden Retriever Indonesia Magazine edisi 02-2011

Kategori:Veteriner
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: